Perlukah Minum Susu Khusus Untuk Ibu Menyusui?

Perlukah Minum Susu Khusus Untuk Ibu Menyusui?

Namun untuk menjaga puting agar tetap kering dan nyaman ketika tidur, para ibu juga bisa menggunakan bantalan payudara sekali pakai ini. Sebab, bayi yang baru lahir perlu menyusu setiap 2 jam sekali. Untuk itu, Moms perlu mengisi pikiran dan mental dengan hal positif agar kebutuhan nutrisi si Kecil bisa terpenuhi dengan baik. Pada masa kehamilan, produksi ASI pertama biasanya dimulai memasuki trimester kedua. Hal ini ditandai dengan puting, areola, dan kelenjar areolar terlihat tumbuh lebih besar dan lebih menonjol dari sebelumnya. Memasuki usia kehamilan minggu ke-16, payudara akan mulai memproduksi kolostrum.

Hormon ini juga bertanggung jawab untuk merangsang persalinan saat hamil. Gunanya untuk meningkatkan produksi air susu dan memperlancar produksi ASI. Asam folat sangat dibutuhkan pada masa kehamilan untuk memproduksi sel darah merah, mencegah cacat jantung dan bibir sumbing, hingga mengurangi risiko lahir prematur. Dalam hal menentukan praktisi kesehatan untuk konsultasi kehamilan, diskusikan bersama suami.

Cara untuk ibu hamil banyak asi

Caranya cukup mudah bunda, yang pertama dilakukan adalah dengan duduk bersila. Selanjutnya tangan kanan memegang lengan bawah dan tangan kiri memegang lengan bawah lengan kanan. Kemudian angkat hingga sejajar dengan pundak, setelah itu tekan kuat-kuat pada arah siku sehingga ibu merasakan tarikan. Hal ini bisa bunda rutin lakukan, gerakan senam ini berfungsi untuk mengencangkan otot payudara sehingga bisa mengeluarkan ASI lebih awal. Selama menjelang masa persalinan, sebaiknya Bunda menghindari rangsangan yang bisa membuat cairan ASI terus-menerus keluar. Kolostrum mengandung lebih banyak protein, namun lebih sedikit lemak dan gula dibandingkan ASI biasanya.

Sekilas mirip daun katuk hanya saja bentuk daunnya lebih kecil. Daun kelor termasuk ke dalam sumber pangan super atau superfood. Selain dikenal kaya akan vitamin E dan asam lemak omega-3, kacang almond juga bermanfaat untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas ASI.

Beri tahu pasangan, keluarga, dan pengasuh anak Anda nantinya mengenai niat untuk menyusui bayi. Bila perlu, ajak pasangan untuk mengikuti konseling laktasi dan libatkan ia dalam persiapan menyusui sebelum melahirkan. Suasana yang kondusif serta suportif akan membuat proses menyusui menjadi lebih mudah, ibu lebih relaks, dan produksi ASI pun lebih lancar.

Memperhatikan kebersihan diri dan menggunakan pakaian nyaman saat di dalam rumah, yaitu yang longgar, ringan, mudah dipakai dan menyerap keringat. Mengganti BH sejak hamil usia 2 bulan dengan ukuran yang lebih sesuai dan dapat menopang perkembangan payudara. Jenis kacang-kacangan yang dapat dikonsumsi misalnya kacang mede, almond, atau macademia. Yang terpenting pilihlah kacang yang tidak digoreng dan mengandung garam berlebih ya. Selain mampu menurunkan kadar stres pasca melahirkan, kacang-kacangan juga termasuk makanan yang direkomendasikan karena dapat membantu melancarkan ASI. Agar tak bosan, busui bisa mengonsumsi susu rendah lemak dalam pilihan bentuk yoghurt atau keju.

Anda tidak perlu khawatir tentang hormon-hormon kehamilan yang menular ke bayi melalui ASI dan bisa merusak kualitas ASI itu sendiri. Sebab, hanya sedikit hormon kehamilan yang ditransfer melalui ASI. Pemberian ASI dan pelepasan oksitosin dapat menyebabkan kontraksi uterus. Tetapi kontraksi ini bukan merupakan faktor risiko untuk menyebabkan keguguran atau persalinan prematur. Suara.com – Menyusui adalah pilihan terbaik yang dilakukan kebanyakan ibu saat baru saja melahirkan bayi mereka. Kami akan menjaga informasi yang akurat dan terkini, namun Kami tidak dapat menjamin keakuratan informasi.

Untungnya, hingga tubuh siap untuk melahirkan , hormon oksitosin tidak memiliki banyak pengaruh pada rahim. Sebab jumlah oksitosin yang dilepas tidak cukup merangsang persalinan dalam keadaan regular. Usut punya usut, ternyata hampir setengah dari jumlah kebutuhan harian ibu menyusui akan vitamin C dapat dipenuhi dari konsumsi blewah. Para calon ibu menyusui pun akan merasa segar, sebab tubuh terhidrasi dengan baik.

Comments are closed.