Main Saham Dosa Nggak Sih?

Main Saham Dosa Nggak Sih?

Pahami dulu bahwa Listing Daftar Efek reksadana syariah berbeda dengan reksadana biasa/konvensional. OJK secara sistem akan merilis daftar investasi reksa dana syariah yang dikeluarkan langsung oleh FSA dalam daftar efek syariah . Jenis transaksi saham ini dilakukan dengan meminjam sejumlah dana ke perusahaan sekuritas dengan ketentuan bunga sekian persen dalam jangka waktu tertentu dan ditetapkan diawal.

Perhitungan tersebut mengacu pada harga beli dan harga jual saham. Dalam hal ini harga beli saham harus lebih rendah dari harga jualnya. Memang tidak salah bahwa investasi dalam bentuk saham dapat memberikan keuntungan yang besar. Tetapi keuntungan tersebut berbanding lurus dengan kesabaran.

Jika dihadapkan dengan ketentuan syariat, tentu banyak masyarakat yang takut untuk masuk pasar modal karena khawatir berdosa jika berinvestasi di saham. Trading saham biasanya untuk transaksi jual beli jangka pendek, sedangkan investasi saham, biasanya berorientasi untuk jangka panjang dengan melakukan analisa terlebih dahulu. Oleh karena itu, para pemula dianjurkan untuk memilih investasi saham dalam jangka panjang. Sebab, lebih aman dari segi risiko kerugian dan tetap menjanjikan keuntungan besar. Supaya menghindari spekulasi, maka jual beli saham harus disertai informasi yang lengkap, harga yang mendasarkan pada realita kinerja perusahaan dan bukan informasi atau penawaran palsu. Sebagai investor, kamu harus kerja keras dan memiliki prinsip amanah.

“Sementara untuk sistem buying and selling, di foreign exchange itu investor bisa open, maintain & shut posisi kita tanpa batas waktu dan kapan saja selama ada margin. Sedangkan di binary, hanya menebak harga akan naik atau turun di jangka waktu tertentu sehingga jadi ada waktu expired-nya, baik dalam kondisi loss atau profit akan langsung dieksekusi,” terang Sutopo. Biasanya seseorang tidak langsung sukses dalam menjadi investor atau trader saham.

Bentuk transaksi saham pertama ini jelas-jelas haram karena mengandung unsur riba dimana sekuritas mengambil bunga dari dana transaksi yang digunakan si investor. (Keputusan Ketua Bapepam nomor Kep-07/PM/1997, peraturan Nomor IV.B.1 pada nomor 12.h.). Pasar modal memiliki begitu banyak instrumen investasi, berbagai jenis instrumen investasi ini dapat dijadikan oleh masyarakat sebagai sarana untuk menghasilkan uang melalui investasi itu sendiri. Salah satu instrumen investasi di dalam pasar modal yang paling banyak dikenal masyarakat luas yaitu saham. Surat tanda kepemilikan suatu perusahaan ini merupakan instrumen yang paling banyak menarik minat investor, hal ini dapat diketahui melalui tingginya tingkat penanaman modal dalam bentuk saham di tengah-tengah masyarakat.

Cara bermain saham yang halal

Selain itu adanya ketidakpastian keuntungan dalam saham sehingga disebut haram. Namun seiring dengan perkembangan jaman, kini saham ada dalam bentuk saham syariah yang dijamin halal, aman dan diawasi langsung oleh Dewan Syariah Nasional dari MUI. Mandiri Sekuritas menyediakan layanan syariah bagi nasabah yang ingin berinvestasi di pasar modal sesuai prinsip-prinsip syariah.

Dengan menginvestasikan sebagian uang yang dimiliki untuk mendapatkan return yang banyak. Nah, jika sudah selesai membuat akun rekening saham, kini saatnya kamu memilih saham–saham syariah yang sudah ditentukan melalui beberapa analisa. Karena, meskipun saham syariah bisa mendapatkan keuntungan, tetapi tidak bisa menghindarkanmu dari berbagai risiko. Saham blue chip merupakan saham yang dikenal minim risiko penurunan harga dalam. Selain itu, saham blue chip juga dikenal paling aman dan termasuk dalam kapitalisasi pasar paling besar. Hal ini tentu saja akan memudahkanmu ketika mau membeli atau menjual saham tanpa perlu menunggu lama.

Hal yang berbeda adalah jenis emiten atau perusahaan yang dapat dibeli. Di saham konvensional, anda dapat membeli emiten apa pun yang menarik perhatian dan tentu saja yang berprospek bagus. Karena Stockbit terkoneksi dengan rekening saham di bawah naungan PT Sinarmas Sekuritas. Sehingga untuk kamu yang merupakan investor dari perusahaan sekuritas ini, kamu bisa bertransaksi dengan mudah di Stockbit, selain menggunakan aplikasi Simas Equity Mobile sendiri. Selain memantau pergerakan nilai saham setiap harinya, investor juga perlu menganalisa kondisi basic perusahaan tempat dia akan menginvestasikan saham, maupun menganalisa situasi pasar modal terkini. Hal itu bisa dilakukan dengan baik salah satunya dengan rutin membaca informasi dan berita-berita pasar saham.

Saldo kita langsung terpotong dan asset itu kini menjadi milik kita seutuhnya. Keuntungan diperoleh dari selisih harga beli dan harga jual. Efek Indonesia maupun oleh lembaga-lembaga jasa keuangan terkait, tentunya dengan strategi yang sesuai dengan karakteristik generasi Y dan Z itu.

Comments are closed.