Konsumsi 6 Makanan Ini Agar Produksi Asi Melimpah Dan Berkualitas

Konsumsi 6 Makanan Ini Agar Produksi Asi Melimpah Dan Berkualitas

Teknik menekan atau memijat payudara saat sedang dipompa menggunakan alat ini bisa dilakukan pada satu payudara . Bisa juga dengan melakukan HOP langsung pada kedua payudara yang diperah secara bersamaan. Tentunya untuk melakukannya langsung pada dua payudara, ibu perlu mengenakan arms free pumping bra. Salah satu cara yang baik untuk menjaga payudara agar selalu terangsang untuk menghasilkan ASI adalah dengan memompanya.

Walaupun jumlahnya sedikit, kolostrum cukup untuk memenuhi asupan gizi sang bayi. Agar ASI keluar lebih banyak, sebaiknya harus lebih sering menyusui. Beberapa orang kadang beranggapan jika menyusui dalam waktu yang sering justru akan membuat produksi ASI lebih cepat habis, tapi ternyata hal ini ternyata salah.

Jika selama menyusui ASI tidak keluar terlalu banyak dan berbeda dengan saat dipompa, mungkin perlekatan yang dilakukan bayi selama ini kurang tepat. Sementara itu, ibu bisa merasa kewalahan karena ASI terus-terusan mengalir keluar dari payudara ketika sedang tidak menyusui. ASI yang terlalu banyak dapat disebabkan oleh produksi yang berlebih.

Selain itu, dalam daun bayam juga terdapat kandungan fitoestrogen yang dibutuhkan ibu menyusui. ASI lebih mudah keluar jika kelenjar dan pembuluh darah payudara melebar. Untuk menstimulus pelebarannya, coba kompres dengan air hangat. Gunakan media kapas yang dicelupkan ke air hangat, lalu letakkan di puting payudara. Ada kalanya payudara mengeras karena penuh ASI, namun Anda belum bisa menyusu atau memerahnya. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengompres payudara dengan handuk yang sudah dibasahi dengan air hangat.

Tips agar ASI melimpah

Penting untuk diingat bahwa let down reflex berbeda untuk setiap orang. Tapi, kalau kondisi tersebut terjadi berulang dan tidak dapat diatasi, Moms sebaiknya menemui konsultan laktasi. Sentuhan selama berlangsungnya pijatan tersebut, saraf di dalam payudara dapat terangsang dan ASI dapat keluar sesuai dengan yang diinginkan. Refleks ini dapat membantu ASI keluar lebih banyak sehingga bayi tidak merasa kelaparan. Stimulasi tersebut menyebabkan dua hormon penting untuk ibu menyusui dilepaskan ke aliran darah. LDR biasanya terjadi saat bayi melakukan hisapan, sehingga saraf-saraf kecil di dalam payudara terstimulasi.

Dengan cara ini, Moms harus melakukan berbagai cara agar membuat payudara kosong sehingga akan memberikan sinyal ke tubuh untuk meningkatkan produksi ASI. “Selalu bicarakan dengan dokter Anda sebelum mengonsumsi suplemen baru, terutama saat menyusui. Bahkan pengobatan alami dapat menyebabkan efek samping,” kata Nwadike. Sebenarnya tidak masalah mengonsumsi suplemen atau jamu selama menyusui. Kadang suplemen atau jamu yang disebut ‘obat herbal’ pun bisa mengakibatkan efek samping.

Comments are closed.