Kenali Pilihan Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Kenali Pilihan Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Mungkin berkonsultasi dengan ahli gizi dapat membantu Anda membuat rencana makan yang terbaik untuk diri Anda. Cara mengontrol gula darah saat masa kehamilan akan sangat penting untuk kesehatan diri sendiri serta bayi yang masih di dalam kandungan. Hal itu pula dapat membantu Anda menghindari komplikasi selama kehamilan hingga persalinan. Pada dasarnya, penyakit tersebut terjadi ketika seorang wanita tidak dapat memproduksi insulin yang cukup saat kehamilan sehingga mengakibatkan kadar gula darah tinggi. Telur merupakan bahan makanan yang kaya akan berbagai kandungan bermanfaat.

Agar dapat berfungsi optimum, zat besi perlu dukungan dari vitamin C. Kombinasi vitamin C dan zat besi dengan rasio yang sesuai dapat membantu meningkatkan penyerapan zat besi di dalam tubuh Bunda. Vitamin C bisa Bunda dapatkan dari makanan seperti jeruk, jambu biji, stroberi, brokoli dan paprika. Banyak orang yang mengatakan bahwa tingginya tekanan darah seseorang bisa disebabkan oleh asupan garam yang masuk ke dalam tubuh. Untuk penderita pre-eklampsia dapat mengonsumsi garam sesuai dengan rekomendasi gizi seimbang, yaitu sekitar 1 sdt per hari atau sekitar 2-3 gram natrium per hari.

Selain memenuhi kebutuhan cairan, air putih juga dapat mencegah dehidrasi bahkan masalah penumpukan cairan. Standarnya, jumlah air putih yang dikonsumsi adalah eight gelas dalam sehari. Mulailah berbuka dengan makanan ringan yang mudah dicerna tubuh. Ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi makanan dengan porsi kecil namun sering. Karena makanan mengandung karbohidrat sederhana atau yang dikenal dengan gula, dapat merangsang produksi hormon insulin untuk membakar gula dalam darah. Tidak lain adalah menurunnya kadar gula darah, dan kondisi demikian dapat membuat anda lemas, pusing, bahkan perut terasa perih.

Cara mengatur pola makan ibu hamil

Ini didapat dari kacang-kacangan, biji-bijian, telur, ikan, unggas, dan produk susu rendah lemak. Jika bisa minum air putih selama sehari itu sebanyak dua liter, ditambah dengan jenis cairan lainnya seperti juice buah, air madu dan susu. Minum segelas susu setiap sahur bisa mengurangi ancaman anemia bagi ibu hamil dan menyusui.

Cukup lakukan olahraga yang ringan seperti jalan santai, berenang, senam Kegel, atau yoga. Lakukan menit setiap hari supaya tubuh tetap bugar selama hamil. Bila tubuh mulai terasa lemas, segera hentikan dan istirahatkan tubuh Anda. Selain makanan bersantan dan berlemak, kue-kue Lebaran juga tampak menarik untuk disantap. Namun bagi ibu hamil, sebaiknya batasi konsumsi makanan manis selama Lebaran. Ibu dapat melakukan cek kesehatan perut di Tummypedia satu kali setiap hari.

Jadi orang yang pertama tahu information & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Trimester pertama adalah periode yang paling umum bagi ibu hamil untuk merasakan berbagai gejala yang mengganggu aktivitas selama kehamilan. Bagi seorang wanita, kehamilan menjadi hal yang sangat ditunggu kedatangannya.

Comments are closed.