Ini Tips Agar Asi Melimpah, Dicoba Ya

Ini Tips Agar Asi Melimpah, Dicoba Ya

Persediaan susu jadi hal yang paling sering dipusingkan oleh calon ibu. Sayangnya, hal ini nggak bisa diketahui sebelum benar-benar saaatnya melahirkan. Terlepas dari itu, penting untuk kamu mengetahui cara memperbanyak ASI. Salmon kaya dengan kandungan asam lemak omega-3 yang disebut dapat menjadi cara memperbanyak ASi, sekaligus meningkatkan nutrisinya. Kalau berbicara masalah cara memperbanyak ASI, maka kamu nggak boleh melupakan peran biji wijen.

Anak saya didiagnosis hampir menderita penyakit kuning dan saat itu ASI saya belum sepenuhnya keluar. Jadi ibu saya memberikan bayi saya sufor untuk mendongkrak asupan cairan agar tidak mengalami penyakit kuning. Caranya, bersihkan payudara dengan air hangat lalu pijat dengan virgin coconut oil atau baby oil. Pijat dimulai dari pangkal atas payudara menuju puting, lalu lakukan hal yang sama dari pangkal bawah menuju puting.

Tips agar ASI melimpah

Makanan yang Ibu konsumsi sangat berpengaruh terhadap produksi ASI. Sayuran hijau seperti bayam, kacang buncis, dan asparagus kaya akan Mineral yang baik untuk produksi ASI. Selain itu, sayuran kaya betakaroten seperti wortel dan buah bit juga baik dikonsumsi ibu menyusui.

Di klinik laktasi akan dilakukan evaluasi mengenai proses menyusui, penilaian produksi ASI ibu, pemeriksaan status gizi bayi, dan kondisi anatomis mulut bayi. Jika pada saat pemeriksaan ditemukan adanya kesulitan khusus untuk menghisap pada bayi, sebaiknya segera dilakukan penatalaksanaannya. Hal yang penting juga untuk dilakukan adalah menghentikan penggunaan dot atau empeng jika sebelumnya bayi pernah menggunakannya. Karena banyak minum air putih dapat membantu Moms memproduksi ASI semakin banyak dan anak akan merasa lebih kenyang.

produksi ASI prinsipnya based on demand sama spt prinsip pabrik. Jika makin sering diminta (disusui/diperas/dipompa) maka makin banyak yg ASI yg diproduksi. Konsultasikan masalah anda pada dokter anak yang merawat bayi atau klinik laktasi. Bila dokter anak masih dianggap kurang lengkap dan kurang jelas maka jangan ragu untuk menghubungi atau konsultasi dengan klinik laktasi.

Pijat laktasi dapat dilakukan setiap hari, bukan hanya saat payudara bengkak. Pijatan pada payudara yang dilakukan secara lembut bermanfaat untuk meningkatkan produksi ASI, melancarkan ASI yang tersumbat, serta membantu meredakan payudara yang bengkak. Saat menyusui, diet atau melakukan pantangan terhadap makanan tertentu hanya perlu dilakukan jika Bunda atau bayi memang didiagnosis memiliki alergi terhadap makanan tertentu. Cara tersebut cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Berikut cara memperbanyak ASI yang alami, dirangkum KONTAN.co.id dari Parenthood, Motherly, dan The Asianparent. Mengonsumsi makanan penambah ASI juga bisa membantu meningkatkan produksi ASI.

Hal ini akan mungkin membuat si kecil tidak mendapatkan cukup ASI yang mereka butuhkan. Oleh karenanya, ibu menyusui perlu mendapatkan solusi agar produksi ASI-nya tetap lancar dan kualitasnya tetap terjaga. Selain protein, kandungan kalsium yang ada didalamnya pun akan baik untuk perawatan jaringan tubuh dan beberapa fungsi fisik lainnya yang penting.

Comments are closed.