Ini Daftar Lengkap Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Dan Janin

Ini Daftar Lengkap Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Dan Janin

Pada ibu hamil berfungsi untuk membentuk sel darah merah dan mengurangi resiko anemia pada ibu hamil. Zat besi yang dibutuhkan ibu hamil setelah usia kehamilan 20 minggu sebanyak 30 mg per harinya, dan dapat diperoleh pada hati, ikan atau daging. Lemak dibutuhkan untuk perkembangan dan pertumbuhan janin selama dalam kandungan sebagai kalori utama. Lemak merupakan sumber tenaga dan untuk pertumbuhan jaringan plasenta.

“Hindari makanan berkalori tinggi, terlalu banyak gula dan lemak serta kurang gizi lainnya,” ujar dokter gizi tersebut. Sebaiknya ibu hamil juga tak mengonsumsi delicate drink, junk meals, dan keripik. Lalu kurangi asupan lemak dan jeroan misalnya keju, susu full cream, daging berlemak, usus dan otak. Mengingat kandungan ikan yang padat gizi, Mam dianjurkan untuk mengonsumsinya 3-4 kali dalam seminggu.

Bahkan, konsumsi salmon juga berpotensi meningkatkan suasana hati Ibu selama masa kehamilan. Kacang-KacanganPada trimester pertama kehamilan, ibu hamil memerlukan tambahan protein seberat 60 gram per hari. Mum disarankan mengonsumsi kacang-kacangan karena makanan ini mengandung Protein yang dapat memenuhikebutuhan gizi ibu hamil.

Makanan sehat bagi ibu hamil

Anda dapat memperoleh kalsium dari beberapa makanan dan minuman, seperti susu rendah lemak, jus jeruk, sayuran berwarna hijau gelap, dan berbagai macam olahan kedelai. Sayur, biji-bijian dan kacang-kacangan juga banyak mengandung serat vitamin yang dapat mencegah sembelit dan wasir. Asam folat sangat penting dalam membantu mencegah cacat lahir pada otak dan sumsum tulang belakang bayi yang dikenal dengan cacat tabung saraf. Asam folat bisa didapat dari sayuran berdaun hijau, sereal yang diperkaya atau diperkaya, roti dan pasta, serta kacang-kacangan dan buah jeruk. Agar tidak bosan, Ibu dapat belajar mengolah beragam bahan makanan sehat menjadi aneka resep yang penuh nutrisi.

Tak hanya itu, susu juga mengandung fosfor vitamin B, magnesium, dan seng. Pola makan adalah salah satu kunci untuk mendapatkan nutrisi yang cukup bagi ibu dan bayi. Tak hanya untuk ibu hamil, bayam juga penting bagi ibu menyusui karena sayuran ini dapat meningkatkan kualitas ASI . Kenali dan hindari beberapa jenis makanan berbahaya untuk ibu hamil, seperti makanan mentah. Namun, sebelum mengonsumsi suplemen tersebut, Bumil sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter agar dokter dapat menentukan dosis yang tepat sesuai kondisi Bumil. Hindari mengonsumsi terlalu banyak minuman kemasan dengan kadar gula tinggi, karena jenis minuman tersebut dapat menyebabkan diabetes, obesitas, dan tekanan darah tinggi.

Comments are closed.