Cara Untuk Ibu Hamil Banyak Asi

Cara Untuk Ibu Hamil Banyak Asi

Untuk meredakan bengkaknya, Anda bisa mengompresnya dengan handul yang sudah dibasahi dengan air hangat atau mudahnya mandi air hangat. Tetap yakin dan tenang, bahwa ASI pasti keluar sesuai kebutuhan si kecil. Dilansir dari website AIMI, ibu menyusui bisa mengikuti hypnobreastfeeding untuk membantu melancarkan ASI. Meski begitu, Bunda harus mengupayakan bayi tetap bangun ketika menyusu.

Yang penasaran melihat jenis kelamin bayi, bisa dengan cara USG 2D, 3D atau 4D. Kalau mau cepat, sudah dapat dilakukan pada usia kehamilan 12 minggu . Tapi paling baik atau lebih terlihat jelas mulai usia 28 minggu . Karena kalau laki-laki, sudah tampak kantong kemaluan, sedangkan perempuan nampak labia, berupa tanda 3 garis.

Biasanya anjuran pemijatan tersebut dilatarbelakangi oleh adanya kondisi kesehatan khusus pada Ibu, misalnya pada pasien hamil penderita diabetes. Peristiwa ini dapat terjadi karena protein pembentuk ASI sudah mulai diproduksi oleh kelenjar susu sejak usia kehamilan menginjak 16 minggu. Keluarnya ASI di masa kehamilan merupakan pertanda bahwa Ibu sudah siap untuk memberikan ASI bagi bayi lho. Ingat ya Bu, kondisi stress tidak baik bagi kesehatan Ibu maupun si Kecil dalam kandungan. Beberapa bayi bahkan memutuskan untuk menyapih sendiri saat ibu hamil.

Konsultasikan kepada dokter agar dokter dapat memperikan pil yang mengandung progestin dan tidak mengandung estrogen, hormon yang dapat mengganggu proses laktasi atau produksi ASI. Kekurangan dari menyusui saat hamil adalah stamina Ibu yang menurun, mudah lelah dan sering tidur karena energi yang terkuras. Selain untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi, proses menyusui itu sendiri dapat meningkatkan ikatan antara ibu dan bayi. Agar dapat sukses menyusui bayi hingga usia dua tahun, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan ibu sejak masa kehamilan. Selama hamil maka tubuh ibu akan mengalami perubahan hormon yang sangat besar. Inilah yang menjadi penyebab sindrom baby blues sehingga ibu sulit merawat bayi.

Meski begitu, lama waktu yang dibutuhkan untuk memperbanyak produksi ASI tidak selalu sama pada setiap ibu. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan karena ini merupakan kondisi regular, meskipun tidak semua ibu hamil mengalaminya. Moms bisa saja mengeluarkan kolostrum atau cairan kental berwarna kekuningan yang keluar sebelum ASI.

Hindari membersihkan bagian puting dengan menarik atau menggosok puting terlalu keras. Hal tersebut dapat menyebabkan puting luka dan lecet, serta mungkin juga memicu kontraksi rahim jika dilakukan berlebihan. Perawatan lain yang bisa dilakukan selama masa-masa hamil adalah rutin membersihkan payudara. Setelah mengetahui kapan ASI diproduksi, sekarang mari kita pelajari apa yang terjadi setelah kelahiran.

Cara untuk ibu hamil banyak asi

Dari referensi baik dari buku maupun artikel di web yang pernah saya baca, hampir semuanya sepakat jika Anda rajin menyusui produksi ASI juga akan lancar. Semakin sering Anda menyusui, semakin banyak pula produksi ASInya. Melalui, Nutriclub menampilkan ratusan artikel tentang berbagai aspek pertumbuhan maupun nutrisi yang bisa diakses oleh semua ibu. four.Ketuk-ketuk payudara dengan ruas jari untuk memperlancar peredaran darah.

Comments are closed.