Mulai Belajar Investasi Saham

Mulai Belajar Investasi Saham

Selain investasi dan emas, istilah dalam ekonomi dan keuangan yang pastinya sering kamu dengar ialah saham. Selama ini bagi orang awam atau yang belum pernah memainkan saham pastinya beranggapan bahwa saham ialah sesuatu yang abstrak dan biasanya dianalogikan dengan garis-garis grafik yang dinamis. PT Quantum Magna adalah penyedia layanan pelatihan keuangan untuk perusahaan, bisnis, UMKM, maupun individu dan keluarga dengan semangat pemberdayaan masyarakat melalui peningkatan literasi keuangan.

Adanya globalisasi dalam budaya menyebabkan pergeseran nilai dan sikap masyarakat yang semua irasional menjadi rasional. Globalisasi perekonomian mengharuskan penghapusan seluruh batasan dan hambatan terhadap arus modal, barang, dan jasa. Ketika globalisasi ekonomi terjadi, batas-batas suatu negara akan menjadi kabur dan keterkaitan antara ekonomi nasional dengan perekonomian internasional akan semakin erat. Daftar yang mencatat kegiatan ekspor dan impor barang dan jasa disebut neraca perdagangan.

Lo Kheng Hong sendiri baru “panen” apa yang ditanamnya setelah beberapa tahun, kisaran 7-8 tahun di saham UNTR. Maka kunci untuk bisa mendapatkan keuntungan maksimal salah satunya adalah dengan sabar. Price Earning Ratio adalah rasio harga saham dibandingkan dengan Net Profit per lembar . Price to Book Value adalah rasio harga saham dibandingkan dengan kekayaan bersih per lembar sahamnya. Menurut Lo Kheng Hong perusahaan yang memiliki PER dibawah 5x atau 10x pun sudah cukup murah. PT Multibreeder Adirama Indonesia Tbk menjadi saham yang memberikan keuntungan besar untuk Lo Kheng Hong.

Memperlajari saham

Dalam saham, kita bisa memprediksi pergerakan saham dengan membaca pola-pola tertentu yang ada. Jadi kita bisa tahu kapan waktu yang terbaik untuk membeli saham dan kapan untuk menjual saham . Jika kamu memutuskan untuk investasi jangka pendek selain rugi di bursa saham, kamu pun rugi karena harus membayar fee broker.

Untuk pemula, kuncinya mau memulai dengan segera, mulai saja dulu di instrumen konservatif atau dengan nominal yang kecil. Idealnya, kamu bisa mengalokasikan 10% hingga 30% dari pendapatan bulanan untuk investasi. Pastikan uang yang dipakai untuk berinvestasi tidak mengganggu kebutuhan sehari-hari, cicilan hutang, ataupun dana darurat. Ingat selalu bahwa investasi tidak hanya menawarkan keuntungan, namun juga memiliki risiko. Jangan sampai saat risikonya terjadi, kelangsungan hidup jadi terganggu.

Investasi saham memiliki risiko besar, sehingga pemula sebaiknya mulai dari jumlah kecil dulu, misalnya sekitar 10 hingga 30 juta Rupiah. Sebelum memulai investasi apapun, pastikan anda telah mempelajari potensi resiko dan keuntungan yang bisa kamu raih, sehingga cocok dengan tujuan investasi anda. Namun, jika emiten ternyata tidak memiliki aset yang tersisa , maka kamu harus merelakan saham saham kamu hangus tanpa mendapat pengembalian apapun. kamu dapatkan jika menjual saham saat harganya di atas harga saat kamu membelinya dulu. Batasan dapat digunakan sebagai tolak ukur ketika saham kamu diprediksi mengalami kerugian lebih dari batas yang ditetapkan.

Comments are closed.