Manfaat Pemberian Asi Eksklusif Hingga Usia 2 Tahun

Manfaat Pemberian Asi Eksklusif Hingga Usia 2 Tahun

Tahukah kamu bahwa ASI pertama yang Moms produksi setelah melahirkan akan berwarna kekuningan, kental dan pekat ? Setelah dua hingga lima hari berlalu, kamu akan memproduksi ASI yang lebih banyak, dengan warna cenderung lebih putih. Kamu pun bisa memenuhi kebutuhan bayi untuk mendapatkan ASI eksklusif selama 6 bulan pertama. Ikan salmon mengandung banyak DHA yang sangat baik untuk perkembangan sistem saraf bayi. DHA dalam salmon juga dapat membantu suasana hati ibu menjadi menyenangkan dan mencegah depresi.

Maka dari itu, seorang ibu yang menyusui harus mengosumsi makanan-makanan yang sehat agar bayi mendapatkan ASI berkualitas. Tubuh Mama sudah dirancang Allah SWT agar siap untuk menyusui sejak di masa kehamilan. Jadi pasca Mama melahirkan, tubuh Mama punya cadangan nutrisi yang mencukupi untuk memulai proses menyusui.

Ibu harus memiliki kepercayaan diri sekaligus keyakinan kuat agar mampu memberikan ASI pada bayi. Faktanya, perasaan percaya diri tersebut dapat meningkatkan kadar hormon oksitosin yang memiliki peran utama dalam produksi ASI. Pikiran harus rileks agar mampu mengeluarkan hormon oksitosin sehingga merangsang produksi ASI.

Cara mendapatkan ASI berkualitas

Sayur bayam mengandung zat besi yang sangat bermanfaat untuk mencegah ibu anemia. Selain zat besi, bayam juga mengandung asam folat, kalsium, dan vitamin K. Mengonsumsi bayam setiap hari bermanfaat mencerdaskan otak bayi. Berapa kalori yang dibutuhkan oleh Mama menyusui setiap hari? Ketika Mama menyusui bayi, sangat wajar bahwa Mama akan lebih sering merasa lapar, apalagi saat bayi berada dalam tahap growth spurt/percepatan pertumbuhan.

ASI harus diberikan secara eksklusif pada enam bulan pertama agar manfaat ASI dapat dirasakan dalam jangka waktu yang panjang. Dengan rutin memberikan ASI pada enam bulan pertama kelahiran juga akan meminimalisir adanya alergi karena ASI juga berperan membantu meningkatkan daya tubuh karena mengandung zat antibodi. Banyak makanan yang biasa dikonsumsi ibu hamil agar produksi ASI tetap lancar dan berkualitas. Konsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna dan jika perlu ibu hamil juga mengonsumsi susu yang baik bagi ibu menyusui, akan memastikan gizi dan kelancaran ASI bagi sang buah hati. Tak hanya mengonsumsi makanan bergizi, Anda juga disarankan untuk mencukupi kebutuhan cairan dengan minum air putih sebanyak 8 gelas atau 2½ liter per hari selama menyusui. Hal ini karena produksi ASI dapat menurun jika tubuh tidak terhidrasi dengan baik.

Selama ini ikan salmon dikenal sebagai sumber protein yang dapat mencerdaskan otak. Ternyata di sisi lain, jenis ikan laut ini bisa membuat ASI yang kamu hasilkan jadi lebih berkualitas karena asam lemak essensial dan omega 3 yang terkandung di dalamnya lho. Kabar baiknya, ikan salmon termasuk ikan laut yang mengandung kadar merkuri rendah sehingga aman dikonsumsi setiap hari. Banyak ahli sudah membuktikan kalau sumber karbohidrat yang baik dikonsumsi selama menyusui adalah beras merah. Beras merah jauh lebih baik dari beras putih karena mengandung banyak serat.

Comments are closed.