Makanan Yang Harus Dikonsumsi Ibu Hamil Di Trimester Kedua

Makanan Yang Harus Dikonsumsi Ibu Hamil Di Trimester Kedua

Jus buah segar juga sebaiknya langsung dikonsumsi agar bakteri tidak berkembang biak dalam jus tersebut. Bila Mam menyukai steak dengan tingkat kematangan medium atau uncommon, sebaiknya hentikan dulu. Steak tetap boleh disantap, tetapi harus matang , minimal dimasak hingga suhu 63 derajat Celcius. Daging yang kurang matang dikhawatirkan masih mengandung parasit toxoplasmosis. Terinfeksi virus ini akan berbahaya bagi tumbuh kembang janin, bahkan bisa mengakibatkan keguguran.

Ibu hamil harus mengkonsumsi makanan lebih banyak karena harus memenuhi kebutuhan zat gizi untuk dirinya dan untuk pertumbuhan serta perkembangan janin/bayinya. Meskipun ibu hamil membutuhkan zat gizi yang lebih banyak dibandingkan dengan keadaan tidak hamil, tetapi konsumsi pangannya tetap beraneka ragam dan seimbang dalam jumlah dan proporsinya. Janin tumbuh dengan mengambil zat-zat gizi dari makanan yang dikonsumsi oleh ibunya dan dari simpanan zat gizi yang berada di dalam tubuh ibunya. Selama hamil seorang ibu harus menambah jumlah dan jenis makanan yang dimakan untuk mencukupi kebutuhan pertumbuhan bayi dan kebutuhan ibu yang sedang mengandung bayinya. Demikian juga beberapa zat gizi tertentu tidak disimpan di dalam tubuh seperti vitamin C dan vitamin B yang banyak terdapat di dalam sayuran dan buah-buahan. Sedangkan pada tahap trimester ketiga, ketika usia kehamilan mencapai bulan, dibutuhkan vitamin dan mineral untuk mendukung pesatnya pertumbuhan janin dan pembentukan otak.

Makanan sehat bagi ibu hamil

Dijelaskan pula bahwa yang thayyibah ialah semua binatang yang tidak menjijikkan. Makanan yang halal dan thayyib tersebut harus pula berasal dari rizki yang halal. Seperti sabda Nabi Muhammad SAW Laut itu suci airnya, halal bangkainya. Potongan TGS juga dilapisi dengan air putih yang idealnya dikonsumsi 2 liter atau 8 gelas sehari. Saat berpuasa, ibu hamil harus memerhatikan asupan makanan agar janin tetap terpenuhi gizinya.

Ibu hamil perlu memiliki sistem pencernaan yang sehat, sehingga lebih optimal dalam menghalau segala virus yang dapat membahayakan kandungan. Ikan salmon menjadi salah satu alternatif makanan yang disukai oleh janin di dalam kandungan. Tak hanya itu, asam amino di dalam edamame juga mampu membantu pembentukan berbagai organ tubuh janin menjadi lebih optimal. Mengutip jurnal Annals of Nutrition & Metabolism, vitamin C penting untuk kesehatan kulit dan fungsi kekebalan tubuh.

Ibu hamil juga sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya serat, zat besi, dan asam folat agar kesehatan janin tetap terjaga. Penuhi pula kebutuhan asupan cairan dengan cara rutin mengonsumsi air mineral. Ikan salmon merupakan sumber asam lemak omega-3 dan protein yang sangat baik dan makanan sehat untuk ibu hamil. Asam lemak omega-3 dalam ikan ini, membantu otak bayi untuk berkembang serta meningkatkan keterampilan motorik, dan mengurangi risiko masalah neurologis si kecil di kemudian hari. Selain itu, ia juga mengandung vitamin B6, potasium, vitamin C, zat besi, serta beta-karoten. Kandungan yang terdapat dalam ubi ini baik untuk perkembangan mata, tulang, dan kulit bayi.Bahkan dapat memenuhi kebutuhan zat besi dalam tubuh.

Pembentukan tulang janin memerlukan konsumsi kalsium yang cukup setiap harinya. Nah, mulai sekarang harus rajin mengonsumsi makanan sehat dan bergizi itu ya. Di saat awal kehamilan, sangatlah penting untuk mengkonsumsi kacang polong bagi ibu hamil.

Comments are closed.