Ini Ragam Makanan Untuk Memperbanyak Asi

Ini Ragam Makanan Untuk Memperbanyak Asi

Kolostrum adalah ASI khusus berwarna kekuningan, agak kental. Kolostrum dihasilkan sampai hari ketiga setelah bayi dilahirkan. Kolostrum mengandung protein dua kali lipat dibandingkan ASI. Kolostrum juga kaya antibodi dan sel darah putih yang melindungi bayi terhadap infeksi dan alergi. Selain itu kolostrum juga mengandung pencahar yang berfungsi untuk membersihkan mekonium, mengandung faktor-faktor pertumbuhan dan kaya vitamin A.

Melakukan pemijatan pada bagian punggung harus meminta bantuan orang lain, sebaiknya mintalah suami untuk memijatkan agar lebih terasa lebih rileks. Cara aman untuk melancarkan ASI salah satunya adalah teknik pemijatan payudara. Nah, berikut ini adalah beberapa merek susu untuk ibu menyusui yang M&B rekomendasikan untuk Anda, Moms.

Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat. Kandungan zat besi yang tinggi tersebut dikenal efektif untuk meningkatkan suplai ASI ibu menyusui. Oatmeal yang dapat dimakan langsung atau diolah menjadi cookies, juga dapat membantu meningkatkan produksi ASI. Semakin sering menyusui, juga akan membuat ASI menjadi lebih kental karena ASi hindmilk akan dapat mengalir pada awal sesi menyusui. Hal ini dikarenakan ASI hindmilk berada di depan saluran ASI setelah seringnya sesi menyusui.

Tips agar ASI melimpah

Sehingga apabila ASI jarang dikeluarkan dengan sendirinya produksi ASI akan menurun. Memompa ASI bisa menjadi salah satu cara untuk memperbanyak produksi ASI. Selama proses menyusui, ada dua hormone yang berperan penting yakni oksitosin dan prolactin yang berasal dari kelenjar hipofisis. Memompa payudara kosong secara teratur bisa mengembalikan persediaan susu dengan merangsang produksi prolaktin. Akan lebih efektif lagi kalau bayi menempel pada payudara untuk menyusu. Stimulasi puting dan kontak kulit-ke-kulit dengan bayi Anda juga menghasilkan oksitosin.

Maka sebaiknya bunda memperhatikan empat kunci utama yang saya bagi di atas, terutama faktor stress. Jika sudah gak stress, berbagai obat-obatan mungkin bisa mendukung lancarnya ASI. Ketika ibu mengalami stres, depresi, atau kelelahan, maka produksi ASI dapat menurun drastis.

Produk ini tinggi zat besi, omega-6, vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. Selain itu, Lactamil Lactasis juga mengandung 0,5 persen sari daun katuk. Moms tentunya sudah tahu khasiat daun katuk dalam memperlancar produksi ASI. Lactamil Lactasis hadir dalam varian rasa cokelat dan vanila. Dengan minum satu gelas PRENAGEN lactamom, Anda sudah pasti mendapatkan berbagai nilai nutrisi yang dibutuhkan.

Karena itu penting sekali peran Ayah untuk membahagiakan Bunda. Cara sederhananya adalah memberikan pijatan cinta atau dikenal dengan pijat oksitosin. Kalau setelah menyusui ASI sudah tidak keluar Anda tidak perlu memaksakan diri. Kalau Anda bisa memenuhi ini ASI akan terbiasa untuk diproduksi.

Caranya, ibu bisa melakukan posisi duduk sambil bersandar ke depan, kemudian sisi tulang belakang dipijat menggunakan kepalan tangan dengan ibu jari menunjuk ke depan. Lakukanlah pijatan dengan gerakan melingkar dan tekanan yang cukup kuat. Kemudian pijat tulang belakang ke arah bawah dari leher hingga tulang belikat. Tak perlu waktu lama, pijatan dalam waktu dua hingga tiga menit pun sudah bisa memberikan efek positif untuk kelancaran produksi ASI.

Selama kehamilan, saya selalu menstimulasi pikiran dan tubuh saya agar kelak bisa memberikan makanan yang baik bagi anak saya yakni ASI. Selain stimulasi pikiran, saya juga menstimulasi payudara saya dengan menggunakan nipple puller merek pigeon. Sebenarnya alat ini gunanya untuk menarik puting susu bagi calon ibu yang memiliki puting datar. Ini saya lakukan di bulan ke-8 kehamilan dan saya berhasil.

Cara ini dapat dilakukan dengan mudah sehingga dapat membantu para Ibu yang ingin menambah produksi ASI, khususnya setelah melahirkan. Bayi yang baru lahir biasanya akan diletakkan pada payudara, ini dilakukan untuk membantu merangsang keluarnya ASI. Untuk para Ibu yang baru pertama kali melahirkan sebaiknya lebih sering meletakkan bayi pada payudara agar lebih mudah merangsang keluarnya ASI. Untuk itu, sebaiknya selalu mencukupi kebutuhan air putih agar tidak mudah terkena dehidrasi. Ketika dalam tahap menyusui, kebutuhan cairan pada tubuhpun meningkat sehingga harus lebih banyak mencukupi air putih, terutama ketika bangun pagi hari. Bagi Ibu menyusui, sebaikmya selalu menyediakan air putih dalam botol dan didekatkan ditempat setelah m enyusui.

Comments are closed.