Eight Makanan Ini Bikin Asi Ibu Menyusui Lebih Deras

Eight Makanan Ini Bikin Asi Ibu Menyusui Lebih Deras

Oleh karena itu, pastikan kebutuhan cairan Anda terpenuhi selama menyusui. Minumlah setidaknya 8 gelas air putih setiap harinya agar ASI banyak dan kental. Produksi ASI yang tidak lancar menjadi salah satu masalah utama yang dirasakan saat proses menyusui.

Konsumsi banyak air putih juga dapat menjaga kadar cairan dalam tubuh. Cara merangsang payudara juga dapat dilakukan dengan menggunakan pompa ASI dan memerah menggunakan tangan untuk menyentuh puting. Cara merangsang payudara untuk meningkatkan produksi ASI dikenal dengan nama let down reflex . Sering memberikan ASI secara teratur setiap 2-3 jam sampai bayi merasa kenyang, dapat membuat produksi ASI berjalan lancar.

Tips agar ASI melimpah

Kompreslah dengan handuk hangat beberapa menit, maka payudara akan melunak dan ASI dapat keluar lebih lancar. Dengan banyak mengonsumsi makanan yang berbahan kacang, maka dipercaya dapat memperlancar ASI. Hal ini dikarenakan kandungan protein yang dimiliki oleh kacang. Rutin dan cukupi kebutuhan air mineral akan membantu ASI agar terus diproduksi secara teratur. Tidak hanya air mineral, minum jus tanpa gula juga akan memperbanyak ASI.

Kandungan nutrisinya tidak hanya bisa melancarkan produksi ASI namun juga bisa tetap menjaga tubuh memiliki energi dan baik untuk otak bayi yang mendapatkannya dari ASI Ibu. Kalau tubuh bisa relaks, kelenjar yang memproduksi air susu akan mengeluarkan air dengan cepat. Apalagi Anda menjalani food plan sehat dan banyak mengonsumsi makanan yang membantu laktasi setiap harinya. Metode ini awalnya digunakan sebagai perawatan bagi bayi untimely, namun ternyata punya manfaat juga bagi bayi yang lahir cukup umur.

Sehingga kebutuhan ASI untuk menunjang tumbuh kembang si buah hati pun tetap berjalan dengan baik. Nah, untuk mengatasi kondisi ini maka perhatikan untuk selalu memenuhi kebutuhan cairan didalam tubuh dengan baik. Asupi setidaknya kebutuhan cairan yang dianjurkan, minimal sebanyak 8 gelas air mineral dalam satu hari. Takaran jumlah ini akan dapat anda bagi kedalam beberapa waktu. Bila ingin memerah susu, tekan sedikit payudara dengan menaruh jari telunjuk di belakang pangkal puting. Kemudian, posisikan jari-jari yang lain seperti meremas dan mendorong ASI ke puting susu.

Untuk melancarkan aliran ASI, cobalah memijat payudara dengan lembut selama beberapa menit. Cara ini cukup ampuh untuk membantu ASI keluar lebih lancar. Busui bisa membantu Si Kecil melekatkan bibirnya dengan benar ke puting agar ia dapat menyusu dengan baik. Salah satu jenis makanan sumber galaktagog adalah sayuran hijau, seperti bayam, brokoli, kale, daun katuk, dan daun jinten atau daun bangun-bangun. Busui dianjurkan untuk makan 1-2 porsi sayuran berdaun hijau setiap hari. Sebaliknya, perasaan bahagia menjadi seorang ibu, rasa senang berdekatan dengan bayi, serta rasa percaya diri ibu dapat meningkatkan pengeluaran hormon oksitosin ini.

Anda perlu setidaknya minum eight gelas air per hari agar cairan tubuh tetap terjaga. Penting untuk dipahami bahwa suplemen vitamin tidak dapat menggantikan asupan makanan harian saat menyusui. Menariknya lagi, memijat payudara dengan cara yang tepat juga bisa membantu tubuh merasa lebih rileks dan nyaman. Aneka jenis sayuran khususnya yang berdaun gelap, seperti wortel, ubi, bayam, brokoli, daun katuk. Berbagai jenis sayur tersebut memiliki senyawa khusus di dalamnya bisa memperbanyak ASI.

Bagi para Ibu menyusui, memperhatikan nutrisi sangatlah penting. Dalam memilih makanan, sebaiknya memilih jenis makanan yang dapat membuat produksi ASI. Untuk itu, pilihlah jenis makanan yang memiliki kandungan vitamin untuk perkembangan bayi.

Comments are closed.