Direktorat Pengabdian Kepada Masyarakat

Direktorat Pengabdian Kepada Masyarakat

Sampai 1 April 2020, UNESCO mencatat setidaknya 1,5 milyar anak usia sekolah yang terdamapk Covid 19 di 188 negara termasuk 60 jutaan diantaranya ada di negara kita. SESUAI arahan dari Rektor Unila Prof. Karomani, ribuan mahasiswa KKN Mandiri Putra Daerah harus ikut membantu pemerintah menyosialisasikan dan mengedukasi masyarakat di desa lokasi KKN tentang protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Dengan bijak dalam memilih dan menyebarkan informasi, kamu bisa menyelamatkan masyarakat Indonesia dari dampak negatif berita hoaks.

Dalam konteks kehumasan , pandemi ini dapat dikatakan sebagai krisis yang dialami perusahaan dan harus dikelola dengan baik. Model tersebut terbukti berhasil memprediksi awal, akhir, serta puncak endemi dari penyakit SARS di Hong Kong tahun 2003. Model Richard’s Curve terpilih ini lalu mereka uji pada berbagai data kasus COVID-19 terlapor dari berbagai macam negara, seperti RRT, Iran, Italia, Korea Selatan, dan Amerika Serikat – termasuk information akumulatif seluruh dunia. Ternyata, secara matematik, ditemukan bahwa mannequin Richard’s Curve Korea Selatan adalah yang paling cocok untuk disandingkan dengan knowledge kasus terlapor COVID-19 di Indonesia jika dibandingkan dengan mannequin yang dibangun dari knowledge negara lain .

Namun, partikel droplet cukup besar sehingga tidak akan bertahan atau mengendap di udara dalam waktu yang lama. Oleh karena itu, orang yang sedang sakit, diwajibkan untuk menggunakan masker untuk mencegah penyebaran droplet. Untuk penularan melalui makanan, sampai saat ini belum ada bukti ilmiahnya. Selain itu, ketika Anda merasa tidak enak badan, cobalah untuk berdiam diri di rumah dan gunakan masker ketika sakit.

Apakah covid ini benar nyata

Penelitian yang dilakukan oleh Eko dkk tidak hanya mengungkap adanya masyarakat yang percaya konspirasi. Studi yang mereka lakukan juga menemukan bahwa meskipun masyarakat memiliki persepsi untuk mematuhi protokol kesehatan, tak sedikit dari mereka yang justru sering menggunakan masker tidak benar. Ada beberapa kelompok yang diprioritaskan untuk menerima vaksin terlebih dahulu. Menurut WHO, petugas kesehatan, petugas publik, dan orang yang berisiko tinggi untuk tertular atau sakit parah akibat COVID-19, misalnya karena memiliki penyakit penyerta, merupakan kelompok prioritas. Suhu tubuh masih fluktuatif pada kisaran 38, batuk semakin menjadi-jadi, dan karena hampir tidak ada asupan nutrisi sama sekali, membuat kondisi tubuh semakin melemah.

Hal-hal tersebut merupakan sebagian kecil upaya pertahanan diri yang dilakukan oleh masyarakat untuk menghindari infeksi COVID-19. Penerapan teknologi dalam industri layanan kesehatan dapat meminimalisir biaya operasional yang cenderung besar, secara langsung dapat menghadirkan layanan kesehatan yang lebih terjangkau untuk pasien. ICT seperti telemedicine, Artificial Intelligence, dan blockchain tidak hanya bisa digunakan untuk menangani pasien, Casino Online tetapi juga membantu operasional rumah sakit. “Ketika kita batuk atau bersin, ada droplet mini di udara, butiran-butiran kecil yang keluar dari mulut atau hidung kita dan di dalamnya bisa mengandung virus. Inilah yang menyebabkan tingginya penularan virus corona di seluruh dunia,” kata dr. Alvin. Beberapa negara, termasuk Indonesia, telah melakukan protokol kesehatan ketat. Mulai dari lockdown hingga kewajiban memakai masker ketika keluar rumah.

Virus corona fiksi yang disebutkan dalam movie tersebut tidak ada kaitannya dengan virus corona COVID-19 yang kini mewabah di dunia. Akun Instagram conspiraciestheory mengunggah potongan video adegan serial tersebut. Selain itu, akun Instagram conspiraciestheory juga mengaitkan serial yang tayang di Netflix ini dengan pandemi virus corona COVID-19.

Masker kain tiga lapis yang mudah didapat dan ditemui di mana-mana, bisa melindungi kita hingga ninety persen dari penularan virus. Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat. Dokter itu melanjutkan, virus Corona memanipulasi untuk menyerang langsung paru-paru dalam waktu lima menit setelah terpapar. Dalam serial itu tak ada vaksin yang ditemukan untuk menyembuhkan pasien. Yang lebih serius, virus Corona memiliki masa inkubasi 2-14 hari,” ungkap seorang dokter dalam serial My Secret Terrius, dilansir dari The Independent. Beredar klaim virus corona telah diprediksi dalam Iqro sejak sekitar tahun 1990.

Pelayanan Laporan Isu Hoaks terkait virus corona sudah dilakukan di beberapa Dinas Komunikasi dan Informatika di tingkat daerah. Mereka memperbaharui informasi hoaks maupun disinformasi secara tepat (real-time), bahkan menyediakan fitur informasi Pantau Corona di berbagai daerah. Kementerian Komunikasi dan Informatika RI sangat inovatif dalam menanggani hoaks yang beredar di masyarakat. Langkah ini patut mendapatkan apresiasi atas layanan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Comments are closed.