Bikin Cemas, Kenapa Keluar Asi Setelah Keguguran?

Bikin Cemas, Kenapa Keluar Asi Setelah Keguguran?

Meski banyak yang mengatakan memijat payudara bisa menimbulkan kontraksi tapi selama saya tidak merasakannya. Yang saya rasakan justru dengan pijatan sekaligus melancarkan peredaran darah pada kelenjar payudara. Selama hamil, satu hal yang paling saya harapkan -dan juga harapan ibu baru lainnya- adalah bisa memberikan ASI eksklusif untuk bayi saya setelah melahirkan. Ya, tentu saja ini bukan sekedar harapan semata tapi saya juga berusaha agar payudara bisa mengeluarkan ASI. Pada akhirnya, saya bisa merasakan hasil dari harapan dan usaha saya ini.

Cara untuk ibu hamil banyak asi

Bunda juga bisa mengunduh Sehati Apps di Google Play Store dan Apple Store. Jika bayi Anda terbiasa minum ASI saat ingin tidur malam, Anda perlu mengubah kebiasaan ini. Anda harus memulai metode alternatif untuk menenangkan bayi Anda untuk tidur. Misalnya biasanya janin bergerak aktif, seperti menendang, tapi bunda tak lagi merasakannya atau geraknya jadi lambat. Bunda juga perlu mengenali apakah kontraksi yang bunda alami merupakan tanda-tanda akan melahirkan atau bukan.

Seorang ibu harus percaya diri bahwa ASI saja sudah cukup, tidak perlu ditambah susu formula. Berikan pengertian kepada orang-orang di sekitar ibu bahwa ASI adalah yang terbaik untuk bayi. Karena dukungan dari orang sekitar sangat mempengaruhi keberhasilan pemberian ASI. Posisi ibu dan bayi yang benar saat menyusui dapat dicapai bila bayi menyusui dengan tenang dan badannya menempel betul pada ibu. Menyusui yang baik dan benar adalah ketika mulut dan dagu bayi menempel betul pada payudara dan mulut bayi membuka lebar sehingga sebagian besar areola tertutup mulut bayi. Dengan posisi itu, bayi akan leluasa mengisap ASI pelan-pelan tapi kuat dan ibu pun tidak merasa kesakitan.

Mengkonsumsi alpukat juga mencukupi kebutuhnan zat besi, kalsium, fosfor, Vitamin A, B dan C. Asupan nutrisi dan gizi mesti diperhatikan betul saat sahur dan buka. Camilan yang menyehatkan juga perlu untuk memenuhi kebutuhan ibu dan janin. Meski begitu, ibu hamil yang memiliki gangguan kesehatan seperti kurang darah, tekanan darah dan kadar kolesterol tinggi, atau diabetes tidak disarankan menjalankan puasa. Sebab, kondisi itu akan berpengaruh pada diri dan janin yang dikandung.

Terkadang yang menjadi pertanyaan yakni apa ukuran payudara yang kecil tetap bisa menyusui? Sebenarnya, tidak perlu khawatir untuk bisa menyusui bayi dengan lancar meski ukuran payudara kecil. Contohnya begini, jadwal menyusui bayi yakni selama 3-4 jam terhitung dari awal menyusu sampai waktu menyusu berikutnya.

Cari dukungan serta bantuan dari orang-orang terdekat, untuk membantu Mama memberikan yang terbaik untuk masa depan si kecil melalui ASI. Karena proses pembentukkan ASI sudah terbangun sejak masa kehamilan, maka agar ASI lancar Mama harus merangsangnya sejak awal. Lakukan cara-cara sederhana ini agar ASI Mama deras pasca melahirkan.

Comments are closed.