7 Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Yang Wajib Dikonsumsi

7 Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Yang Wajib Dikonsumsi

Hubungi customer service kami untuk konsultasi masalah produk kami dan kehamilan. Melalui, Nutriclub menampilkan ratusan artikel tentang berbagai aspek pertumbuhan maupun nutrisi yang bisa diakses oleh semua ibu. Bersama dengan Nutriclub Careline di nomor telpon bebas pulsa Nutricia dan Whatsapp Nutriclub, kami memberikan layanan untuk melakukan konsultasi langsung dengan Tim Ahli Nutriclub. Sayuran juga bisa diolah dengan berbagai cara seperti ditumis, dikukus, direbus, digoreng atau langsung diolah menjadi salad. Namun, sebelum diolah dan dikonsumsi, Mama harus mencuci dan memastikan sayuran bersih dan terbebas dari pestisida. Namun, Mama harus menghindari jenis ikan besar dan predator seperti ikan hiu, king makarel, dan ikan kodak yang terpapar mekuri tinggi.

Mangga adalah buah yang baik untuk ibu hamil lantaran mengandung kalium, vitamin C, dan vitamin A yang tinggi. Kandungan-kandungan dalam mangga dapat membantu tekanan darah dan keseimbangan cairan dalam tubuh. Oleh sebab itu, penting bagi ibu hamil untuk mengetahui makanan sehat penuh gizi dan nutrisi. Selama masa kehamilan, Bumil disarankan untuk mengonsumsi kurang lebih 2,5 liter air dalam sehari. Cairan ini juga bisa diperoleh dari makanan, seperti buah dengan kadar air yang tinggi, jus, atau susu. Kandungan vitamin dan mineral dalam ubi sangat baik untuk kesehatan kehamilan.

Dari uraian di atas, mudah bukan pemilihan dan penerapan makanan ibu hamil? Semua bisa diperoleh dalam makanan sehari-hari dengan tetap menerapkan gizi seimbang. Minum banyak ‘air putih’ dan cairan lain, seperti teh, sup, atau jus buah, untuk menjaga metabolisme tubuh agar tetap berlangsung baik.

Sebab, serat dalam gandum dapat membuat Mama kenyang lebih lama, sehingga mencegah Mama untuk mengonsumsi lebih banyak makanan. Asupan nutrisi memang diperlukan untuk ibu hamil, terutama yang masih dalam tahapan trimester pertamanya. Pola makan yang baik sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin di dalam kandungan. Maka dari itu, wanita hamil membutuhkan lebih banyak zat besi karena volume darah mereka juga meningkat selama kehamilan, terlebih di trimester ketiga. Selain itu, kandungan kalsium di dalam susu dan produk olahannya juga diperlukan untuk pertumbuhan hati, saraf, dan otot janin yang sehat.

Kandungan vitamin B12 dan kalium mampu menjaga daya tahan tubuh dan penambah darah. Selain itu jagung merupakan sumber protein nabati yang dapat dikonsumsi setiap hari. Mamy dapat mengolah jagung dengan cara direbus atau dijadikan sayur. Makanan yang merupakan sumber protein dapat ditemukan dalam daging sapi, ikan, telur, daging unggas, dan kacang-kacangan.

Risiko kontaminasi toksoplasma dan salmonela telah dilaporkan dan menyebabkan infeksi di dalam rahim. Kebanyakan ibu hamil tidak perlu memperbanyak kalori tambahan selama enam bulan awal kehamilan. Sedangkan pada tiga sampai empat bulan akhir tambahkan 200 kalori setiap harinya . Temukan produk-produk jus dan olahan buah sehat di Belanja Sehat Klikdokter. Membangunkan anak sahur di bulan puasa memang jadi tantangan tersendiri.

Menjalankan puasa di saat hamil merupakan hal yang cukup berat, mengingat ibu hamil juga harus menjaga kesehatannya dan juga janinnya. Untuk itu, sangat penting memeriksakan kondisi kesehatan kehamilan terlebih dahulu. Sehingga dokter bisa memastikan apakah yang bersangkutan benar-benar sehat dan bisa menjalani puasa sebagaimana biasanya. Dia juga menjelaskan bahwa konsumsi susu formula bagi ibu hamil bukanlah hal wajib.

Makanan sehat bagi ibu hamil

Kacang-kacangan – kaya akan omega-3, yakni lemak sehat yang dapat membantu kesuburan. Dikutip dari Cleveland Clinic, ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengonsumsi 400 mikrogram asam folat setiap harinya. Ibu hamil harus menghindari konsumsi daging yang masih mentah atau tidak matang, makanan siap saji yang disediakan dalam kondisi dingin harus dipanaskan sebelum dikonsumsi. Risiko terjadinya kontaminasi toksoplasma juga terjadi pada daging yang tidak matang.

Kebutuhan besi saat hamil akan meningkat seiring dengan bertambahnya produksi sel darah merah tubuh. Ya, tubuh akan menghasilkan sel darah merah lebih banyak ketika Anda hamil untuk menyalurkan oksigen dan nutrisi ke janin. Namun, itu hanya mitos bahwa wanita hamil harus makan untuk dua orang. Agar kehamilan di trimester kedua tetap sehat, ibu hamil harus mengonsumsi makanan bergizi dengan menu bervariasi.

Rekomendasi 10 makanan yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil, dari produk susu hingga salmon. Mual dan muntah menjadi keluhan umum yang banyak dialami ibu hamil muda. Jangan lupa selalu sedia camilan sehat agar terhindari dari risiko mual berlebihan.

Comments are closed.