7 Cara Mempertahankan Bisnis Di Masa Pandemi

7 Cara Mempertahankan Bisnis Di Masa Pandemi

Wabah Covid-19menjadi pukulan keras bagi semua kalangan, termasuk para pengusaha. Namun untuk sekarang, penting sekali bagi toko retail dan produsen untuk menjual produk melalui platform e-commerce agar mampu mempertahankan bisnis mereka. Hal ini akan memberikan dampak jangka panjang yang positif karena konsumen akan semakin terbiasa berbelanja secara online, ”ujar Kusumo Martanto, CEO Blibli. Secara terpisah, Blibli mengungkapkan bahwa penjualan produk sembako, pembersih, sanitasi, masker kesehatan, dan vitamin mengalami peningkatan selama beberapa minggu terakhir. Perusahaan e-commerce tersebut juga membukukan peningkatan permintaan terhadap peralatan memasak, online game, dan peralatan olahraga karena masyarakat Indonesia mulai menyesuaikan diri untuk menghabiskan waktu di rumah. Dalam situasi pertama di mana vaksin belum ditemukan dan tujuan nasional berfokus untuk mempertahankan ekonomi, terdapat beberapa kebijakan yang dapat diterapkan.

Cara untuk mempertahankan bisnis dalam kehidupan

Dalam hal tidak memenuhi persyaratan dimaksud maka kepada penerima manfaat akan diberikan manfaat secara lumpsum. Boleh disesuaikan dengan surat keterangan ahli waris dari Instansi berwenang. Selama peserta mengikuti program RTW, maka STMB tetap dibayarkan oleh BPJS Ketenagakerjaan sampai peserta selesai mengikuti pelatihan kerja sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Mencegah peserta kehilangan penghasilan akibat cacat karena kecelakaan kerja.

Dominasi pangsa pasar Generasi Milenial dan Generasi Z dipastikan teknologi menjadi pertimbangan penting dalam choice makingbagi kebutuhan mereka. Para insinyur di suatu Negara dapat dengan mudah mengontrol operasi-operasi penanaman di bagian wilayah Negara lain. Para perancang produk di suatu negara bisa mengontrol berbagai aktivitas sebuah jaringan perusahaan di Negara lain. Oleh karenanya, kendala-kendala untuk partisipasi lintas batas dan aliansi strategis menjadi sangat menurun. Para tenaga ahli tidak harus ditransfer, tenaga kerja tidak harus dilatih. Kapabilitas terdapat pada jaringan itu dan bisa diperoleh kapanpun secara virtual Kong4D di manapun sesuai dengan yang dibutuhkan.

Memiliki inovasi dan kreativitas tinggi, fleksibel, serba bisa dan memiliki jaringan bisnis yang luas. Mendapatkan telepon dari bagian HRD untuk mengikuti wawancara kerja memang selalu bikin deg-degan. Tak peduli kamu seorang lulusan baru ataupun pekerja yang sudah berpengalaman. Berbagai hal seperti rintangan dan kegagalan yang dihadapi dalam menjalankan usaha akan terasa sangat berat dan sulit untuk dijalankan. Namun jika kamu bisa untuk selalu assume constructive salah satunya seperti menamkan rasa optimistis dalam diri, tentunya kamu akan bisa lebih baik untuk menghadapi segala perosalan dalam bisnis yang akan kamu kembangkan. Dimana ide ini nantinya akan menjadi sebuah pondasi dalam membangun sebuah bisnis yang sukses.

Seorang pebisnis UMKM hanya akan bertahan jika cepat mengantisipasi situasi yang ada dengan melakukan sejumlah adaptasi. Semoga ketujuh strategi di atas bisa menjadi pencerahan bagi bisnismu untuk bertahan. Si pemilik properti seharusnya bersikap terbuka terhadap pembahasan semacam ini.

Tabungan ini bisa juga dipakai untuk bekal berumah tangga dan pendidikan anak hingga kuliah nantinya. Poin pertama Sumpah Pemuda berbunyi, “Kami putra dan putri Indonesia, mengakui bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia”. Ini sesuai dengan semboyan bangsa Indonesia, yaitu “Bhinneka Tunggal Ika”. Poin ini mungkin hampir sama dengan poin keempat tentang bersikap respect. Mendengarkan adalah salahsatu rahasia memberikan layanan pelanggan yang paling sederhana. Para Customer service sangat penting untuk belajar bagaimana mengatasi emosi pelanggan yang berbeda-beda yang tentunya dengan menunjukkan rasa respect pada pelanggan.

Comments are closed.