7 Asupan Sehat Untuk Ibu Hamil Di Trimester Pertama

7 Asupan Sehat Untuk Ibu Hamil Di Trimester Pertama

Mama juga bisa mengonsumsi yoghurt untuk mengurangi risiko komplikasi selama kehamilan dan mengatasi masalah pencernaan yang sering terjadi saat hamil. Fase trimester pertama adalah fase yang sangat penting untuk diperhatikan karena ini adalah awal pertumbuhan janin dan pembentukan organnya. Terlebih, pada fase ini Mama sering kali terkena morning sickness yang membuat sulit untuk makan dengan benar.

Sama seperti sayuran lain, asparagus dapat dikonsumsi sebagai campuran pada telur dadar, dimakan sebagai bahan salad, atau dibuat sup. Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Sayuran hijau – mengandung antioksidan, zat besi, dan folat untuk memelihara kesehatan organ reproduksi. Semua buah dan sayur umumnya baik untuk ibu hamil jika tidak dikonsumsi secara berlebihan.

Makanan sehat bagi ibu hamil

Telur mengandung berbagai macam nutrisi yang Ibu perlukan selama masa kehamilan. Oleh karena itu, Ibu tidak boleh melewatkan telur dalam daftar makanan yang sehat untuk dikonsumsi ibu hamil. Susu juga mengandung banyak gizi penting yang dibutuhkan ibu hamil dan janin. Bila Mam mengonsumsi susu tiga gelas per hari akan sangat baik dan berdampak panjang bagi si Kecil.

Membatasi konsumsi minuman yang mengandung kafein yaitu minimal 2 cangkir dalam satu hari. Kafien yang masuk ke dalam ASI dapat menyebabkan bayi mengalami gangguan tidur. Jika Anda ingin berkonsultasi pada dokter terkait makanan yang sehat untuk ibu hamil, Anda bisa chat dokter langsung di sini.

Ini bisa membantu perkembangan janin agar tetap selalu sehat, sekaligus memberikan gizi bagi Ibu. Kebanyakan orang, termasuk ibu hamil, tidak mendapatkan omega-3 yang cukup melalui konsumsi makanannya sehari-hari. Semoga panduan di atas dapat membantu Bunda mengatur asupan nutrisi harian. Dengan ini, Bunda dapat memilah mana makanan layak konsumsi atau justru perlu dihindari.

Comments are closed.