6 Makanan Terbaik Untuk Ibu Menyusui Agar Asi Berkualitas

6 Makanan Terbaik Untuk Ibu Menyusui Agar Asi Berkualitas

Berdasarkan konsultasi dengan dokter yang pernah saya lakukan, gerakan ini akan membantu relaksasi dan produksi ASI. Si Kecil biasanya membutuhkan asupan ASI setiap 2-3 jam, tanpa peduli siang atau malam hari. Jadi, pastikan frekuensi menyusui Mums sesuai dengan jadwal tersebut. Jadi, apabila Mums rutin menyusui setia 2-3 jam, payudara akan mengirim perintah ke otak untuk memproduksi ASI sebanyak kebutuhan tersebut. Perlu Mums ketahui, produksi ASI juga akan bertambah dalam waktu 3-7 hari sesuai instruksi tersebut. Mengonsumsi makanan yang tinggi protein juga direkomendasikan karena dapat menambah komposisi lemak yang bisa membuat ASI lebih kental.

Bagaimana cara mendapatkan ASI berkualitas

Dengan banyak mengonsumsi makanan yang berbahan kacang, maka dipercaya dapat memperlancar ASI. Hal ini dikarenakan kandungan protein yang dimiliki oleh kacang. Bisa meminum tambahan suplemen untuk penambah ASI seperti yang tersedia dalam bentuk teh, susu atau pil juga dapat menjadi solusi ASI lancar bagi busui. Tapi sebelum mengosumsinya, konsultasikan ke dokter kandungan/dokter anak ya Moms. Ya, jawabannya kedua jenis ASI ini sangat penting untuk bayi.

Kurangnya asupan cairan kedalam tubuh selama bulan puasa mungkin menjadi hal yang wajar. Akan tetapi dampak dari kondisi ini bisa sangat merugikan untuk ibu menyusui. Kurangnya asupan cairan bisa mungkin mempengaruhi produksi ASI yang ibu hasilkan. Hal ini pun akan mungkin membuat ibu menyusui mengalami dehidrasi yang berat. Kandungan tersebut menjadi sumber energi yang dapat membantu untuk memperlancar produksi ASI.

Saya mendapatkan informasi ini dari seorang teman di group Komunitas Ibu Menyusui. Teman-teman saya mencobanya dan ASI langsung melimpah dalam 1 hari berikutnya. Selain itu, memompa dapat mengosongkan ASI yang tidak dihabiskan bayi sehingga payudara memproduksi ASI kembali untuk mengganti ASI yang sudah keluar. Anda tidak perlu khawatir, ASI yang tampak encer bukan berarti tidak berkualitas.

Tingginya kandungan vitamin C dan antioksidan pada alpukat bermanfaat dalam menjaga, dan meningkatkan daya tahan tubuh ibu menyusui. Sama halnya masa kehamilan, ibu menyusui juga perlu memerhatikan makanan yang dikonsumsi. Bukan tanpa alasan, hal ini bertujuan agar si kecil mendapatkan ASI yang berkualitas. Dengan memberikan ASI berkualitas, nantinya tidak hanya membuat bayi sehat, namun cerdas. Agar bayi mendapatkan asupan nutrisi dari ASI yang dikonsumsinya agar tumbuh kembang bayi maksimal.

Comments are closed.